cover
Contact Name
Ibrahim
Contact Email
jurnalbiologieducation@serambimekkah.ac.id
Phone
+628126940323
Journal Mail Official
azwir@serambimekkah.ac.id
Editorial Address
Jl. Unmuha, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Biology Education
ISSN : 2302416X     EISSN : 25492330     DOI : https://doi.org/10.32672/jbe.v10i1
Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan Oktober. jurnal ini menyajikan hasil penelitian di bidang pendidikan Biologi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Lesson Study, Pembelajaran lainnya dan penelitian Multi Disiplin Ilmu
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2020): Edisi Maret 2020" : 7 Documents clear
PERAN MGMP DALAM PENYUSUNAN RPP- IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU SMP BANDA ACEH Ibrahim Ibrahim; Anwar Sanusi; Jamhur Jamhur
Jurnal Biology Education Vol 8, No 1 (2020): Edisi Maret 2020
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.841 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v8i1.2227

Abstract

Sasaran kinerja Musyawrarah Guru Mata Pelajaran Sekolah dalam membantu guru untuk menyusun Rencana Pelaksaan Pelajaran guru Sain IPA sekolah menengah pertama  Banda Aceh menjadi suatu  bebann kerja guru. Beratnya beban kinerja guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah SMP perlu disahuti oleh kelompok kerja MGMP atau focus diskusi group guru sain guna menyukseskan aplikasi K-13 secara  sempurna. Responden dalam penelitian ini melibatkan lima orang tenaga pendidik dari 18 guru pada 10 sekolah mitra tahun pelajaran 2019/2020 yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan obsevasi langsung dengan subjek penelitian yang berkaitan dengan diskusi dan musyarawah mata pelajaran.  Hasil penelitian ini memeperlihatkan bahwa kerja keras guru dalam menyusun RPP IPA dengan Kurikulum 2013 menggunakan peran musyawarah guru  berhasil sangat baik. Perkembangan perolehan kinerja guru dalam kategori baik dan tuntas dalam  menyusun  RPP IPA mulai  siklus I, II dan III ada peningkatan   melalui kerja musyawarah guru. Kita mengharapkan ada peningkatan pemahaman guru dan kualitas mengajar menjadi lebih baik dengan pola focus diskusi group untuk menyusun RPP IPA atau media belajar lainnya. Ini dapat dimaknai bahwa  dengan  melakukan forum diskusi /musawarah  guru mata pelajaran dapat  mendukung pelaksanan Kurikulum 2013 di SMP Banda Aceh menjadi sangat baik.
PERBEDAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI MTsN 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA Chairul Fuadi; Jaluddin jalaluddin
Jurnal Biology Education Vol 8, No 1 (2020): Edisi Maret 2020
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.788 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v8i1.2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pencernaan makanan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai bulan Desember 2019. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya. sampel penelitian untuk kelas tipe STAD adalah kelas VIII A sebanyak 27 orang dan kelas PBL adalah kelas VIII B sebanyak 27 orang. Analisis data tentang perbedaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model PBL terhadap peningkatan pemahaman konsep dan motivasi dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-Gain pemahaman konsep diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (4,22 > 2,00), sehingga terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan PBl. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model PBL memiliki pemahaman konsep dan motivasi yang lebih baik, karena model PBL dapat mengaktifkan siswa dalam membangun konsep-konsep yang baru melalui masalah yang dipecahkan dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD
TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBUANGAN LIMBAH MERKURI (Hg) DARI PENGOLAHAN BIJI EMAS DI SUNGAI LIGAN KABUPATEN ACEH JAYA Rita Mutia; Jailani Jailani; Nurul Akmal
Jurnal Biology Education Vol 8, No 1 (2020): Edisi Maret 2020
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.665 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v8i1.2018

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai tanggapan masyarakat terhadap pembuangan limbah merkuri (Hg) dari pengolahan bijih emas di sungai Ligan Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian bersifat pendekatan deskriptif kualitatif dengan melihat gambaran tentang tanggapan masyarakat terhadap pembuangan limbah merkuri (Hg) dari pengolahan biji emas di sungai Ligan Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian telah dilakukan di Desa LiganKabupaten Aceh Jaya pada tanggal 09 s/d 13 November 2017. Populasi dalam penelitian ini berfokus pada seluruh masyarakat dewasa yang mendiami daerah aliran Sungai (DAS) Krueng ligan serta para petambang emas yang terdapat di desa ligan Kecamatan Sampoinet Kabupaten Aceh Jaya. Adapun responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Perhitungan dan pengolahan data menggunakan analisis persentase yang tertinggi. Hasil penelitian menunjukkan sebahagian besar masyarakat seputaran DAS Krueng Ligan mengetahui adanya aktivitas para petambang yang mengolah bijih emas menggunakan merkuri, namun sejauh ini masyarakat setempat masih banyak yang belum memahami bahaya merkuri apabila mencemari sungai, keterangan ini dengan kisaran rata-rata 92%-100%. Hasil observasi diperoleh beberapa keterangan yang memperkuat hasil penelitian dimana masyarakat masih tetap menggunakan air sungai sebagai sarana mandi, mencuci pakaian, serta membawa ternak seperti kambing dan kerbau, hal ini mendasari masyarakat tidak dapat mengambil tindakan pada para petambang, dari pihak pemerintah setempat telah mensosialisasikan bahaya merkuri apabila terkena bahkan masuk kedalam tubuh manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tanggapan masyarakat terhadap pembuangan limbah merkuri (Hg) dari pengolahan biji emas di sungai Ligan Kabupaten Aceh Jaya kurang baik
PENGGUNAAN TIMBANGAN BAMBU UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BERAT DAN RINGAN BENDA PADA KELOMPOK B RA FATHUN QARIB KOTA BANDA ACEH Juairiah juairiah
Jurnal Biology Education Vol 8, No 1 (2020): Edisi Maret 2020
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.741 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v8i1.2019

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Timbangan Bambu Untuk Meningkatkan Capaian Perkembangan Anak dalam Mengenal Konsep Berat dan Ringan Benda pada Kelompok B RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh”. Bertujuan untuk meningkatkan capaian perkembangan anak dalam mengenal konsep berat dan ringan benda pada kelompok B RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada anak kelompok B yang berjumlah 25 anak. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik deskriptif persentase. Hasil capaian perkembangan anak dengan menggunakan timbangan bambu lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan timbangan. Hal ini dibuktikan bahwa capaian perkembangan anak menggunakan timbangan bambu nilai ketuntasannya mencapai 80%, sedangkan pembelajaran tanpa timbangan ketuntasannya hanya 28%. Berdasarkan hasil perbandingan dari capaian perkembangan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan timbangan bambu dapat meningkatkan capaian perkembangan anak dalam mengenal konsep berat dan ringan benda pada kelompok B RA Fathun Qarib Kota Banda Aceh, yaitu terjadi secara signifikan
TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) SEBAGAI MODEL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA Syifa Saputra; Khairul Khairul; Azwir Azwir; Kamalliansyah Walil
Jurnal Biology Education Vol 8, No 1 (2020): Edisi Maret 2020
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.829 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v8i1.2015

Abstract

Penerapan model pembelajaran team accelerated instruction (TAI) dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktvitas guru serta respon siswa pada materi sistem gerak manusia. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Peusangan pada siswa kelas VIII/2 yang berjumlah 22 orang siswa. Data yang didapatkan berupa hasil tes belajar siswa, hasil observasi, dan hasil catatan lapangan. Hasil tes siklus I belum tuntas didapatkan oleh siswa karena hasil yang dicapai siswa 69,7%. Hasil tes siklus II skor yang dikumpulkan oleh siswa mencapa 87,9%. Membuktikan bahwa pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan sudah baik dan secara umum tuntas. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia.
ANALISA SISTEM PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA INDUSTRI BINTANG PRIMA ACEH BESAR Chairul Amni; Rita Astarina
Jurnal Biology Education Vol 8, No 1 (2020): Edisi Maret 2020
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.894 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v8i1.2226

Abstract

Perencanaan persediaan bahan baku merupakan salah satu peranan yang sangat penting dalam dunia industri untuk meningkatkan permintaan pasar. Sebuah perencanaan produksi akan berjalan dengan baik jika di dukung dengan adanya persediaan bahan baku yang memadai. Persediaan bahan baku juga memberikan kontribusi biaya yang cukup besar sehingga komponen biaya ini juga perlu untuk dikendalikan. Melihat pentingnya fungsi perencanaan produksi dan pengendalian persediaan bahan baku, maka perlu adanya usaha untuk mengelolanya secara efisien untuk mendapatkan hasil yang optimal. Perencanaan bahan baku merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mendukung proses produksi, sehingga tidak terjadi masalah seperti keterlambatan pengiriman barang kepada konsumen, dan pemborosan biaya bahan baku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian bahan baku yang diterapkan serta untuk mengetahui jumlah ekonomis bahan baku pada setiap kali pemesanan yang di analisis dengan menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity). Dari penelitian ini mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa penggunaan metode EOQ dalam pemesanan bahan baku jauh lebih optimal dan efisien dibanding metode yang selama ini diterapkan, terlihat dari selisih total biaya pemesanan bahan baku pada tepung mencapai 1,21% (404.950 rupiah) selisih pada bahan baku gula 0,02% (4.450 rupiah) dan selisih biaya pada pemesanan ragi dan garam sebesar 14,31% yaitu sebesar Rp. 82.500 untuk Ragi dan Rp. 8.250 untuk selisih pemesanan garam. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode EOQ mempuanyai hasil baik dalam melakukan pemesanan bahan baku sehingga bahan baku untuk produksi tidak mengalami penumpukan dan tidak mengalami kekosongan dalam gudang.
PENERAPAN MODEL SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW SQ3R DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP Muhiddin muhiddin; Ibrahim ibrahim; Nurul Akmal; Said Hasan
Jurnal Biology Education Vol 8, No 1 (2020): Edisi Maret 2020
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.306 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v8i1.2016

Abstract

Dalam penerapan model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) perlu penguasaan konsep belajar siswa yang baik pada materi struktur hewan dengan menggunakan media teknologi pembelajaran di SMP Negeri Kota Makasar. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VII (40 orang siswa) dibagi atas dua rombel yakni satu kelas untuk uji coba diajarkan dengan model SQ3R dan rombel satu lagi untuk kontrol, menggunakan model mengajar konvensional. Dalam kajian ini kami menggunakan instrumen penelitian berupa RPP guru, LKPD siswa, Silabus, soal tes, dan video dokumen mengajar. Cara pengolahan data dilakukan dengan pedoman perhitungan Normalized gain (N-Gain), dengan rumus “uji-t” karena ingin melihat ada perbedaan Dari hasil pengolahan data didapati adanya perbedaan yang positif antara penggunaan model SQ3R dan konvensional terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa dalam materi struktur hewan. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata pada kelas uji coba mencapai 77,75 dengan nilai N-gain 0,56 (untuk nilai sedang) sedangkan pada kelas kontrol ialah 65,10 dengan nilai N-gain 0,38 (kriteria sedang) Sedangkan pada hasil uji t- diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,48 dan t tabel 1,66 sehingga t hitung>t tabel. Nilai rata-rata dalam aktivitas siswa selama pembelajaran sudah dilakukan dengan sangat baik atau dapat diikuti secara keseluruhan. Oleh sebab itu kami menyimpulkan bahwa penggunaan model SQ3R dengan menggunakan teknologi belajar besar pengaruhnya terhadap siswa SMP Negeri Kota Makasar terutama dalam penguasaan konsep struktur hewan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7